Beranda Berita Bunga Citra Lestari dan Sri Mulyani Antusias Ikuti Sosialisasi KPU Way Kanan

Bunga Citra Lestari dan Sri Mulyani Antusias Ikuti Sosialisasi KPU Way Kanan

263
0

KPU Kabupaten Way Kanan ajak Siswa/Siswi tingkatkan pengetahuan tentang kepemiluan dengan melakukan pendidikan demokrasi sejak dini bagi peserta didik dari tingkat dasar hingga menengah, dalam Sosialisasi Pendidikan Pemilih Secara Daring bertempat di nua demokrasi yang diadakan oleh KPU Jam 08.00 Wib 19/11.

Sosialisasi pendidikan pemilih seri-4 yang dilaksanakan oleh KPU Way Kanan ini dihadiri oleh Ketua, anggota, sekretaris KPU Way Kanan , dengan Narasumber sekretaris badan kesbangpol Way Kanan Drs. Marson M.M dan anggota Bawaslu Way Kanan Kelik Windu,S.Sos dengan Peserta sebanyak 25 Orang yang terdiri dari pengurus Osis di sekolahnya masing-masing.

Kadiv Sosdiklih dan parmas Tri sudarto dalam laporan kegiatan Webinar kali ini merupakan kegiatan seri ke-4 yang melibatkan Pemilih Pemula dari sekolah yang ada di Way Kanan, setelah sebelumnya KPU Way Kanan juga melaksanakan dengan peserta dari OKP yang tergabung di KNPI dan organisasi Perempuan,dan PGRI.

Tri sudarto menambahkan kenapa pemilih pemula menjadi sasaran, dikarenakan pemilih pemula ini akan menjadi generasi penerus bangsa, yang artinya tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti menjadi pemimpin di Kabupaten Way Kanan.

Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan dalam sambutan sekaligus membuka acara memberikan informasi kepada siswa/siswi peserta webinar sebelumnya kita harus mengetahui bahwa KPU mempuyai dua program, Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan program tersebut sudah dilaksanakan di kampung Bukit Gemuruh Kec.Way tuba, dan yang kita lakukan sekarang ini adalah program pendidikan pemilih yang sasaranya kali ini pemilih pemula.

Sekretaris Badan Kesbagpol Drs. Marson Narasumber mengatakan memilih adalah hak warga negara Indonesia oleh karenanya kita perlu menjaga integritas pemilihan dengan cara, jangan mudah terpegaruh dengan orang-orang yang membeli suara anda dengan uang, mari tanamkan sejak dini kesadaran dalam diri kita kesadaran anti politik uang, katakan STOP Politik uang yang mencinderai demokrasi yang ada di Indonesia.

Anggota Bawaslu Way Kanan Kelik Windu,S.Sos menyampaikan ada beberapa pegertian dari hoax ini di ambil dari beberapa sumber, menurut KKBI Hoax adalah berita bohong atau tidak benar yang tidak jelas sumbernya dan menurut Silverman (2015) Hoax artinya rangkain informasi sengaja disesatkan namun di jual sebagai kebenaran.beliau berpesan kepada siswa/siswi peserta webinar jangan mudah termakan berita Hoax.

menangapi pertayaan dari peserta webinar Bunga Citra Lestari (SMK Nurul Hidayat RBT) Bagaimana cara menanggapi Hoax? Klik Windu,Sos Menjawab kenali sumber hoax tersebut apabila dari media, cek media tersebut di situs dewan pers dan kemudian cek keaslian fotonya, lalu bandingan foto dengan sumber lainya, jangan langsung meneruskan pesan atau berita tersebut tanpa menilitinya dahulu.

sekarang giliran Sri Mulyani (SMK YP-17 Baradatu) yang mengajukan pertayaan, sudah berumur 17 tahun, tetapi belum mempuyai KTP, Apakah masih diwajibkan untuk melakukan pemilihan? Tri sudarto selaku kadiv langsung menangapi beliau menyampaikan apabila usia 17 tahun belum mempuyai KTP segera lakukan perekaman secepatnya walaupun E-KTP belum jadi tetap bisa dibuktikan dengan surat dari keterangan dari dukcapil maka adik-adik bisa melakukan pemilihan. kategori pemilih pemula.