Beranda Berita SASAR PENDIDIKAN DEMOKRASI SEJAK DINI, KPU WAY KANAN GANDENG PGRI

SASAR PENDIDIKAN DEMOKRASI SEJAK DINI, KPU WAY KANAN GANDENG PGRI

32
0

KPU Way Kanan ajak Pengurus PGRI Way Kanan tingkatkan pengetahuan siswa  tentang kepemiluan dengan melakukan pendidikan demokrasi sejak dini bagi peserta didik dari tingkat dasar hingga menengah, dalam Sosialisasi Pendidikan Pemilih Secara Daring yang diadakan oleh KPU siang tadi 18/11.

Sosialisasi pendidikan pemilih seri-3 yang dilaksanakan oleh KPU Way Kanan ini dihadiri oleh Ketua, anggota, sekretaris KPU Way Kanan dan anggota Bawaslu Provunsi Lampung Iskardo P Panggar, dengan Narasumber sekretaris badan kesbangpol Way Kanan Drs. Marson MM dan anggota Bawaslu Way Kanan Triwana SH dengan Peserta dari Pegurus dan anggota Persatuan Guru Republik Indonesia Way Kanan sebanyak 25 orang.

Kadiv Sosdiklih dan parmas Tri sudarto dalam laporan kegiatan Webinar kali ini merupakan kegiatan seri ke-3 yang melibatkan peserta Guru Se-Kabupaten Way Kanan yang tergabung dalam organisasi  PGRI setelah sebelumnya KPU Way Kanan juga melaksanakan dengan peserta dari OKP yang tergabung di KNPI dan organisasi Perempuan yang ada di Kabupaten Way Kanan.

KPU Kabupaten Way Kanan berharap peningkatan partisipasi pemilih bukan hanya tugas KPU tetapi tugas kita bersama.Tambah tri sudarto.

Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan dalam sambutan sekaligus membuka acara mengharapkan para guru dapat membantu KPU dalam peningkatan pendidikan demokrasi, sesuai dengan tujuan dari pendidikan nasional yang salah satu pointnya menjadikan warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab, dengan mengajarkan nilai-nilai demokratis kepada peserta didik baik dari tingkat dasar maupun menengah.

Sekretaris Badan Kesbagpol Drs. Marson Narasumber pertama dengan materi “Pendidikan Pemilih Dalam Pencegahan Politik Uang” beliau mengatakan dampak politik uang ini juga bisa merusak tatanan demokrasi,dan dapat merusak mental generasi penerus,untuk mencegah politik uang perlu kesadaran dari individu itu sendiri.

Anggota Bawaslu Way Kanan , Triwana menyampaikan ”metode indetifikasi berita hoax” kenali beberapa jenis berita hoax,perhatikan judul atau kalimat pembukanya,periksa sumber informasinya dan cek keaslian fotonya dari beberapa sumber. Triwana mengajak kepada guru-guru bersama awasi kecurangan dalam pemilu, dan segera laporkan kecurangan tersebut ke bawaslu.

menangapi pertayaan dari peserta webinar taufik qurrahman (Guru SMPN 3 Baradatu) tentang adakah kian-kian apa yang bisa kami berikan sebagai guru kepada peserta didik dan masyarakat agar terhindar dari politik uang? marson menjelaskan perlunya komitmen kita bersama dari 3 komponen. penyelenggara,calon dan masyarakat sebagai pemilih, masyarakat mempuyai hak melaporkan pelanggaran pemilu ke bawaslu artinya perlu membagun kesadaran masyarakat terhadap politik uang, inilah tugas kita bersama.