Beranda Berita KPU Way Kanan ikuti FGD Pembahasan Rancangan Peraturan KPU tentang Pendaftaran,...

KPU Way Kanan ikuti FGD Pembahasan Rancangan Peraturan KPU tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai politik peserta pemilu bersama KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota oleh KPU RI 19/08

34
0

Kamis 19/08, bertempat di nuwa demokrasi KPU Kabupaten Way Kanan mengikuti Forum Group Discussion (FGD), diikuti oleh Ketua KPU Way Kanan (Refki Dharmawan,S.H), dan Divisi Teknis (Nofrisyah Harianto,S.Pd), Sekretaris (Muhamad Arifin, S.Sos), Subbagian Hukum dan Subbagian Teknis.

Merupakan kegiatan dalam rangka pengumpulan data, saran dan pendapat terhadap permasalahan-permasalahan yang timbul pada saat pelaksanaan Pemilu 2019, guna memberikan masukan terhadap pembentukan rancangan PKPU, agar dapat terciptanya produk hukum yang berasaskan pembentukan peraturan perundang-undangan yang baik, kedayagunaan dan kehasilgunaan, kejelasan rumusan, keterbukaan, dapat dilaksanakan, ketertiban dan kepastian hukum.

Rancangan PKPU yang dibentuk sebagai upaya jawaban dari beberapa persoalan yang ditemukan, sebagai bentuk terobosan dari KPU dalam upaya meminimalisir permasalahan di lapangan, yang selaras dengan Visi Kebijakan KPU dalam kegiatan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik yaitu mudah, murah, cepat, transparan dan akuntabel.
Poin-poin penting yang dibahas diantaranya :
1.Persiapan pendaftaran Parpol
2.Penggunaan Sistem Informasi Pendaftaran Parpol (SIPOL)
3.Validasi dukungan keanggotaan Parpol yang disertai Surat Pernyataan.
4.dll

Sebagaimana disampaikan oleh ibu Evi Novida Ginting Manik, pembentukan PKPU dibahas secara detail dan panjang termasuk, akan dilakkukan uji public sampai akhirnya akan menjadi produk hukum yang dapat dipedomani nantinya. Landasan materiil yang ada dalam PKPU merupakan norma-norma untuk rincinya akan dijelaskan dalam petunjuk teknisnya.