Beranda Berita KPU Kabupaten Way Kanan Mengikuti Diskusi Demokrasi dan Kepemiluan yang dilaksanakan oleh...

KPU Kabupaten Way Kanan Mengikuti Diskusi Demokrasi dan Kepemiluan yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Lampung secara daring, dengan Tema ; “Digital Democracy”Kamis 5/8

25
0

Kamis, 5 Agustus 2021 ,KPU Kabupaten Way Kanan Mengikuti Diskusi Demokrasi dan Kepemiluan yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Lampung secara daring, dengan Tema ;
“Digital Democracy” diikuti langsung Oleh Tri Sudarto, S.Pd Anggota KPU Way Kanan Kadiv Parmas dan Sosdiklih ,diikuti oleh 15 Kab/Kota Se-Provinsi Lampung.

peserta Rapat Anggota KPU Provinsi Lampung, Ketua Divisi Sosialisasi,Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM 15 KPU Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung,Kabbag dan Huku, Teknis dan Hupmas KPU Provinsi Lampung ,dan Kasubbag Teknis dan Hupmas 15 KPU Kabupaten/Kota di Provinsi.

hadir sebagai pembicara dalam acara diskusi tersebut Anggota KPU Provinsl Lampung Ketua Divisi DIKLIHPARMAS Antoniyus cahyalana , M.IP ,Beliau menyampaikan acara ini sebagai agenda memanaskan mesin KPU dalam menyongsong tahapan pemilu yang akan dimulai sekitar bulan februari 2022 mendatang.

Antoniyus Cahyalana juga berharap agenda diskusi ini bisa berkesinambungan dan bisa dilaksanakan seminggu sekali, dimana secara begantian kpu kab/kota akan menjadi narasuber pada agenda dikusi selanjutnya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa Demokrasi Digital (Digital democracy) sebagai implementasi konsep demokrasi tanpa batas oleh waktu, ruang, atau fisik. Demokrasi digital juga merupakan gabungan konsep demokrasi perwakilan dengan demokrasi partisipatif. .Kehadiran digital democracy mampu merevolusi strategi politik dan cara partisipasi politik warga negara. “saat ini Internet menjadi ruang publik baru warga untuk diskusi merespon realitas dan fenomena aktual masyarakat serta Jajak Pendapat, Petisi online, Kampanye tanpa peluh, menghimpun dana sosial, dan lainnya”Ungkap Antoniyus.

Beliau juga menjelaskan bahwa Dalam praktek demokrasi manfaat Medsos dalam empat hal: Akses informasi, Interaksi, Partisipasi dan Desentralisasi Informasi.

dalam Closing Statement Antoniyus Cahyalana,M.IP menyampaikan,
“Mau tidak mau suka tidak suka bahwa perubahan adalah sebuah keniscayaan. Di era 4.0 dalam bidang apapun itu kita akan berhadapan dengan kemajuan teknologi. Kita harus menyesuaikan dan memanfaatkan semaksimal mungin sehingga memberikan kebermanfaatan bagi semuanya”ungap Antoniyus menutup diskusi Demokrasi dan Kepemiluan dengan tema “Digital Democracy”.