Beranda Berita KPU Kabupaten Way Kanan Menyampaikan Laporan Pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020 kepada...

KPU Kabupaten Way Kanan Menyampaikan Laporan Pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020 kepada KPU RI

44
0

Jakarta – Senin (12/4) Salah satu rangkaian tugas akhir bagi KPU Kabupaten Way Kanan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 adalah kewajiban menyampaikan laporan Akhir Tahapan Kegiatan.

Hal ini sesuai ketentuan yang diatur dalam Pasal 21 ayat (1) huruf t, Pasal 21 ayat (2) huruf e, Pasal 21 ayat (2) huruf g, Pasal 31 huruf u, Pasal 32 huruf e dan Pasal 32 huruf h Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota.

Kewajiban dalam menyusun dan penyampaian laporan tahapan Pemilihan menjadi salah satu point penting dalam pelaksanaan prinsip transparansi dan akuntabilitas karena setiap kegiatan dan hasil akhir dari kegiatan penyelenggaraan Pemilihan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi.

Dalam rangka menunjang pelaksanaan kewajiban penyelenggara tersebut, KPU Kabupaten Way Kanan pada Senin (12/04) menyampaikan laporan pelaksanaan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan Tahun 2020 kepada KPU RI sebagai bentuk tanggung jawab diakhir kegiatan Pilkada dan bentuk transparansi, akuntabilitas penyelenggara Pemilihan.

Laporan akhir Pelaksanaan tahapan Pemilihan Bupapti dan Wakil Bupati diserahkan Langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Way Kanan Refki Dharmawan,S.H , Doan Endedi,S.H Sebagai Anggota Divisi Hukum dan Noprisyah Harianto,S.Pd Sebagai Anggota Divisi Teknis , Laporan diterima secara langsung oleh Plt. Ketua KPU RI, Ilham Saputra di Kantor KPU RI di Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Ilham Saputra menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU Kabupaten Way kanan yang telah menyampaikan laporan akhir kegiatan pelaksanaan tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten way kanan tahun 2020.

Dan telah melaksanakan pemilihan serentak dikabupaten way kanan dengan sukses, meskipun dimasa pandemi covid-19, ini merupakan sejarah dalam pelaksanaan pemilihan karena dalam masa pandemi, Ilham juga berpesan kepada penyelengara untuk menyelesaikan pertangungjawaban keuangan, karena selain sukses dalam melaksanakan pemilihan juga harus sukses dalam mempertanggungjawabkan keuangannya.