Beranda Berita ANGGOTA KPU BEKERJA BERINTEGRITAS

ANGGOTA KPU BEKERJA BERINTEGRITAS

48
0

Blambangan Umpu – Komisi Pemilihan Umum sebagai lembaga Negara penyelenggara Pemilu dan Pilkada harus bekerja dengan penuh integritas. Hal tersebut disampaikan Doan Endedi selaku Kordiv Hukum dan Pengawasan di kantor KPU Way Kanan Selasa (10/12).

Dalam melaksanakan tugasnya, anggota KPU berkerja secara struktural sesuai perundang-undangan, PKPU dan petunjuk teknis yang ada. Anggota KPU berklewajiban melaksanakan semua tahapan dengan tepat waktu, memperlakukan peserta pemilu secara adil dan setara, serta menyampaikan informasi penyelenggaraan Pemilu kepada masyarakat.

Anggota KPU juga harus bersedia mengundurkan diri dari kepengurusan organisasi masyarakat setelah terpilih menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Way Kanan sebagaimana ketentuan Pasal 21 ayat (1) huruf k Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Hal ini juga ditegaskan pula melalui Surat Ketua KPU Republik Indonesia Nomor:666/SDM.12-SD/05/KPU/XI/2017 tanggal 7 Nopember 2017.

Ditambahkan Doan, bahwa dalam tahapan Pilkada 2020, KPU Way Kanan akan merekrut badan penyelenggara adhoc PPK dan PPS. Di mana untuk PPK dimulai tanggal 15 Januari – 14 Pebruari 2020. Sedangkan rekrutmen PPS dimulai 15 Pebruari – 14 Maret 2020. Harapannya, badan adhoc yang terbentuk ini adalah orang-orang yang berintegritas, putra terbaik di wilayahnya masing-masing, serta orang-orang yang amanah dan ikhlas dalam bekerja, sehingga seluruh tahapan dapat berjalan dengan baik tanpa permasalahan sampai dengan rekapitulasi penetapan pasangan terpilih nantinya.