Beranda Berita KPU Way Kanan Kukuhkan 15 Orang Relawan Demokrasi

KPU Way Kanan Kukuhkan 15 Orang Relawan Demokrasi

137
0

BLAMBANGAN UMPU, Kpuwaykanan.go.id – Untuk memasipkan sosialisasi dalam program pendidikan pemilih cerdas hari ini, Kamis (17/9), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Way Kanan Provinsi Lampung mengukuhkan 15 orang relawan demokrasi yang terdiri dari organisasi mahasiswa, OKP dan pemuda potensial dalam penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2015.

Setelah dilakukan pengukuhan kegiatan yang berlangsung di aula KPU setempat tersebut dilanjutkan dengan pemberian pembekalan oleh KPU dan Panwaslu Way Kanan.

Relawan demokrasi tersebut merupakan utusan dari organisasi kemasyarakatan yang ada di Way Kanan diantaranya dari IPNU, PMII, HMI, GP Ansor, Pemuda Muhamadiyah, IMM, Keluarga Besar Mahasiwa Way Kanan, Pemula Way Kanan dan BEM STAI Al Ma’arif Way Kanan.

Komisioner KPU Way Kanan Erwan Bustami, SH, MH mengatakan bahwa dalam program pendidikan pemilih cerdas ada beberapa segmen pemilih yang akan menjadi sasaran KPU diantaranya pemilih pemula, pemilih perempuan, kelompok keagamaan, kelompok masyarakat pinggiran dan kelompok disabilitas.

Tujuan diadakannya relawan demokrasi ini dikarenakan adanya kecenderungan tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu semakin menurun. Dengan adanya relawan demokrasi ini diharapkan partisipasi masyarakat dalam proses pilkada semakin meningkat,  sesuai dengan target KPU Way Kanan minimal 80 % dalam pilkada 9 Desember mendatang, Ujarnya

Mantan Presiden Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bandar Lampung itu menambahkan bahwa Sosialisasi yang dilakukan bisa dalam bentuk seminar, dialog, simulasi, lokakarya dan kegiatan lainnya sesuai dengan kelompok masyarakaty dan kami yakin para relawan ini bisa menjalankan fungsi dan tugas sebagaimana mestinya, serta bebas dari intervensi politik.

Keberadaan relawan demokrasi tersebut diharapkan bisa membantu tugas KPU terutama dalam menyosialisasikan Pemilukada 2015. Dengan demikian, tingkat partisipasi pemilih bisa lebih baik, terutama bagi kalangan pemilih Pemula. Pungkasnya

Sementara itu Nurjen Presiden Mahasiswa STAI Al -Ma’arif Baradatu Way Kanan yang juga menjadi relawan demokrasi menyambut positif dengan dikukuhkannya relawan demokrasi tersebut.

Kami siap berpartispasi penuh, apabila nantinya dikampus kami menjadi tempat diadakannya diskusi dan sosialisasi, bahwasanya golput bukan pilihan yang bijak untuk  tidak datang ke TPS dalam memilih pemimpin, mari bersama aktif dan peduli untuk memilih pemimpin di bumi ramik ragom 9 desember mendatang, ajaknya dengan penuh semangat