Beranda Berita Polres Way Kanan Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada

Polres Way Kanan Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada

156
0

BLAMBANGAN UMPU, Kpu-waykanan.go.id – Kepolisian Resort Way Kanan menggelar simulasi pengamanan pilkada di area Islamic Centre Kabupaten Way Kanan,Kamis (20/8).

Kapolres Way Kanan AKBP Harseno mengatakan bahwa simulasi yang digelar merupakan suatu contoh pengamanan pilkada, nantinya kami akan membuka 4 posko pengamanan yakni di kecamatan Baradatu, Pakuan Ratu, Buay Bahuga dan Blambangan Umpu.

Simulasi yang digelar polres Way Kanan tersebut menampilkan skenario unjuk rasa yang berawal dari aksi protes warga yang tidak terdaftar dalam DPT di TPS, namun mereka bersikeras untuk memilih, namun petugas pemungutan suara tidak mengizinkan warga tersebut.

Setelah perhitungan suara di TPS selesai, petugas mengantarkan kotak suara menuju PPK, Namun ditengah perjalanan terjadi perampasan kotak suara oleh 2 orang. Dengan sigap anggota kepolisian yang bertugas meminta bantuan Kapolsek untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku, tidak menunggu lama akhirnya pelaku dapat dibekuk dan diamankan.

Berlanjut ke unjuk rasa yang dilakukan 500 massa ke kantor KPU, meski sudah dilakukan negosiasi para pengunjuk rasa tidak terima dan melakukan aksi dorong dan lempar terhadap barisan Dalmas.

Disesi berikutnya massa kembali mendapat penambahan sebanyak 1000 orang dan melakukan pelemparan terhadap anggota Dalmas. Dalam situasi ini diperlihatkan pergeseran pasukan Dalmas lanjut dengan gun truck , raimas dan rantis menuju KPU. Kemudian pasukan Dalmas lanjut membentuk formasi lurus bersaf dengan peralatan lengkap.

Situasi semakin tidak terkendali, aksi massa semakin brutal dengan melakukan aksi membakar ban dan pelemparan.

Meski polisi sudah memberi tembakan gas air mata, massa tetap tidak membubarkan diri. Hingga akhirnya seorang pengunjuk rasa yang diduga sebagai provokator berhasil diamankan.