Beranda Berita Minimalisir Kesalahan, KPU Way Kanan Gelar Rakor Tentang Kampanye

Minimalisir Kesalahan, KPU Way Kanan Gelar Rakor Tentang Kampanye

303
0

BLAMBANGAN UMPU,Kpu-waykanan.go.id – Kampanye dalam rangka Pilkada, terkenal rentan dengan pelanggaran atau kesalahan, baik yang dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja.

Memahami dampak dari kemungkinan tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung menggelar rapat kordinasi tentang Kampanye Pemilihan Kepala Daerah di kantor KPU setempat pada, Kamis, (20/8).

“Kami mengundang seluruh anggota PPK, Panwaskab dan LO pasangan calon dan stakholder yang terlibat pada tahapan kampanye”, ujar Iskardo Ketua KPU Way kanan.

Pelaksanaan rakor ini bertujuan untuk mengantisipasi pelanggaran kampanye yang rentan terjadi.
“Hal ini diharapkan dapat meminimalisir kesalahan atau jumlah pelanggaran pada saat pelaksanaan kampanye nanti”, tukasnya.

Pelaksanaan kampanye seperti yang diatur dalam PKPU No. 7 Tahun 2015 menegaskan bahwa kampanye yang diselenggarakan KPU Kabupaten/Kota antara lain berupa debat publik, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga dan iklan di media massa cetak dan elektronik.

Alumni Fakultas Hukum Unila itu menambahkan bahwa kampanye yang diselenggarakan oleh pasangan calon, antara lain pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, serta kegiatan lain yang tidak melanggar larangan kampanye dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pada masa tahapan kampanye kami akan selalu berkoordinasi dengan mitra stakeholder, baik pemerintah daerah, Panwaslu dan kepolisian serta dengan LO dari masing-masing pasangan calon, agar alur informasi yang masuk melalui satu pintu, dan ini untuk menghindari bias informasi. Pungkasnya

Sementara itu Muttamar anggota PPK Gunung labuhan menyambut positif dengan digelarnya kegiatan tersebut. “Dengan rapat kordinasi mengenai kampanye ini bisa lebih memantapkan pemahaman semua penyelenggara tentang aturan kampanye pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang” Tuturnya singkat.

Gambar; Ilutrasi