Beranda Berita Komisioner KPU Way Kanan Hadiri Sosialisasi Penegakan Kode Etik Penyelengara Pemilu

Komisioner KPU Way Kanan Hadiri Sosialisasi Penegakan Kode Etik Penyelengara Pemilu

141
0

dkpp
BANDAR LAMPUNG, Kpu-waykanan.go.id – Komisioner KPU Way kanan hadiri acara sosialisasi penegak kode etik penyelengara pemilu yang digelar di aula kantor KPU Lampung jalan Gajah Mada No. 87 Bandarlampung, Jumat (21/8).

Kegiatan yang diikuti oleh penyelenggara Pilkada, baik KPU dan Panwaslu di delapan kabupaten/kota di Lampung itu dipandu langsung oleh Anggota DKPP Endang Wihdatiningtyas,SH didampingi Tenaga Ahli DKPP Dr Syopiansyah Jayaputra dan Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah serta Nanang Trenggono Ketua KPU Lampung bersama komisioner lainnya.

Iskardo P Panggar, SH. MH Ketua KPU Way Kanan mengatakan bahwa Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), sebagai lembaga penegak kode etik penyelenggara Pemilu, diharapkan memiliki perhatian serius terhadap pelaksanaan Pilkada serentak ini.

Semoga dengan di gelarnya sosialisasi ini, penyelenggara pemilu seluruh Indonesia terkhusus di Lampung dapat berhati-hati menjaga kepercayaan masyarakat, bersikap jujur dan adil, menjaga prinsip-prinsip kode etik yang sudah tertulis, maupun sense of ethics yang ada dalam hati masing-masing. Kita ingin pilkada ini berjalan lebih baik dari masa-masa yang lalu dan menghasilkan kepala daerah yang betul-betul bisa dipercaya oleh rakyat, pungkas Alumni Fakultas Hukum Unila tersebut.

Sementara itu Endang Wihdatinigtyas SH Anggota DKPP eks officio Bawaslu RI mengatakan bahwa penyelenggaraan Pilkada sangat rentan terjadi masalah. Ia juga mengingatkan agar penyelenggara Pemilu harus ekstra hati-hati dengan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015. Alasannya, pertama Pilkada 2015 yang dilaksanakan secara serentak ini baru pertama kali di Indonesia.

Kedua, kompetisi di Pilkada jauh lebih keras dibanding dengan Pemilu lainnya. Kerasnya kompetisi di Pilkada, menurut Endang, tidak lepas dari faktor biaya yang dikeluarkan seorang kandidat.
“Dengan kondisi semacam itu, penyelenggara Pemilu mesti hati-hati. Tidak boleh masuk dalam kepentingan apapun, mereka harus bersikap netral, mandiri, dan imparsial,” tegas Endang

DKPP ingin memastikan bahwa penyelenggaraan Pilkada di Lampung dapat berjalan sesuai aturan hukum dan aturan etika, sehingga terwujud sebuah Pilkada yang berintegritas. Pungkasnya.