Beranda Berita Nasional Luncurkan Pilkada Serentak 2015, KPU Jambi Perkenalkan Maskot dan Jingle

Luncurkan Pilkada Serentak 2015, KPU Jambi Perkenalkan Maskot dan Jingle

249
0
Luncurkan Pilkada Serentak 2015, KPU Jambi Perkenalkan Maskot dan Jingle
Jambi, kpu.go.id– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, Minggu (7/6), melakukan launching Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak 9 Desember 2015 di halaman Kantor Gubernur Jambi. Kegiatan tersebut dihadiri Komisioner KPU RI Hadar Nafis Gumay dan Arief Budiman serta diikuti Ketua dan para Komisioner KPU Provinsi Jambi dan seluruh Ketua dan Komisioner KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.  
 
Hadir pula para steakholder terkait, di antaranya Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, Bupati Tanjung Jabung Timur Zumi Zola, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jambi, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi, Kepolisian Polisi Daerah (Polda) Jambi, pimpinan partai politik peserta pemilu, para undangan dan masyarakat Kota Jambi. 
 
Dalam sambutannya, Komisioner KPU Arief Budiman menerangkan seputar hal baru dalam pelaksanaan pilkada serentak 2015, antara lain pilkada kali ini hanya akan berlangsung satu putaran. Ini berbeda dengan pilkada-pilkada sebelumnya yang berlangsung selama dua putaran. 
 
Kemudian mengenai pencalonan, calon kepala daerah yang akan mendaftarkan dirinya ke KPU harus mendapat persetujuan dari DPP Partai Politik. “Jadi bapak ibu mengikuti dinamika politik, sampai saat ini masih ada dua partai politik yang kepenguruasannya sedang disengketakan di pengadilan. Jadi kami di Jakarta juga berharap, proses sengketa ini dapat segera diselesaikan,” ungkap Arief.
 
Arief menerangkan, KPU membuat sistem, cara, dan strategi agar pilkada ini tidak hanya berkualitas tapi juga berintegritas. “Jadi dalam banyak hal dan tahapan, kami (KPU) sangat transparan. Mulai dari sistem pencalonan, semua terbuka semua bisa diakses. Kemudian kita punya Sistem Data Pemilih (Sidalih) yang semua orang bisa mengakses, berapa jumlah pemilih, dimana tinggal dan TPSnya semua bisa diakses. Kita juga punya sistem penghitungan suara yang namanya Situng. Data dari TPS bisa diakses oleh siapapun,” papar Arief.
 
Ia berharap KPU Jambi dan seluruh KPU Kabupaten/Kota tetap menjaga sistem yang telah dibangun ini untuk digunakan dalam Pilkada serentak 2015. Dengan demikian publik bisa mengakses dan menghitung hasil pilkada bukan dari tingkat provinsi saja, melainkan sejak dari tingkat TPS. 
 
Untuk menjaga situasi yang kondusif dan damai pasca pilkada, Arief mengusulkan ada semacam seremoni atau winning speach setelah hasil pilkada diumumkan. “Silakan diatur di mana tempatnya, apakah di kantor KPU atau dimana. Apalagi sekarang aturannya, kalau perbedaannya terlalu jauh maka tidak bisa menggugat di Mahkamah Konstitusi. Jadi kalau perbedaan itu lebih dari 2% itu tidak bisa (digugat di MK). Jadi range-nya setengah persen, satu persen, satu setengah persen sampai dengan dua persen. Jambi masuk dalam kategori satu setengah persen,” ujar Arief.
 
Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Jambi H.M. Subhan menerangkan bahwa pada Pilkada serentak gelombang pertama 2015 ini Provinsi Jambi akan menggelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilhan Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota di empat Kabupaten/Kota di empat kabupaten serta satu kota. Kabupaten/KOta yang akan menggelar Pilkada 2015 itu adalah Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Bungo, Batanghari, dan Kota Sungai Penuh. 
 
Ia menegaskan, KPU Provinsi Jambi siap melaksanakan pilkada serentak mulai dari segi anggaran serta pembentukan PPK dan PPS. “Yang kami lakukan rekruitmen beberapa waktu lalu. Alhamdulillah sudah terbentuk, sudah kami lantik dan kami berikan pembekalan-pembekalan berupa bimbingan teknis dan orientasi tugas di tingkat desa maupun kecamatan,” ujar Subhan.
 
Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat Jambi untuk menyukseskan Pilkada serentak ini. Selain itu ia juga berharap tercipatanya suasana yang kondusif, sejuk, dan tenang dalam Pilkada serentak 2015. “Kemudian mari kita sambut pilkada ini dengan suasana senang dan kegembiraan. Karena ini adalah pesta demokrasi rakyat Jambi. Untuk itu jangan kita ciptakan suasana yang tidak kondusif, seperti saling memfitnah atau merendahkan satu sama lain,” harapnya.
 
Maskot dan Jingle Pilkada Serentak Provinsi Jambi
 
Seperti diketahui, Provinsi dan lima kabupaten di Jambi merupakan daerah yang akan turut menggelar Pilkada Serentak 2015. Dalam peluncuran pilkada serentak ini juga diperkenalkan Maskot dan Jingle Pilkada Serentak Provinsi Jambi yang didapatkan melalui hasil sayembara cipta maskot dan jingle yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jambi. Selain itu diumumkan pula pemenang KPU Award untuk tingkat Provinsi.
 
Sebagaimana diumumkan oleh Komisioner KPU Provinsi Jambi Desi Arianto pemenang sayambera maskot Pilkada Jambi diraih oleh Edi Darma dengan nama Mang Koro (Kotak Suaro). “Maskot ini akan digunakan untuk sosialisasi pilkada di setiap tahapannya dan ini juga akan digunakan nantinya untuk Pilkada tahap pertama 2015, tahap kedua 2017, dan tahap ketiga 2018,” terang Desi. (bow/red. FOTO KPU/ris