Beranda Berita Lampung Dongkrak Partisipasi Pemilih Pilbup, KPU Sumenep Usul Tambah 1000 TPS

Dongkrak Partisipasi Pemilih Pilbup, KPU Sumenep Usul Tambah 1000 TPS

97
0
Dongkrak Partisipasi Pemilih Pilbup, KPU Sumenep Usul Tambah 1000 TPS
Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep berencana menambah jumlah tempat pemungutan suara (TPS) dalam pemilihan Bupati/ Wakil Bupati (Pilbup) setempat, sama dengan jumlah TPS saat Pemilu Presiden (Pilpres).
 
 
Ketua KPU Sumenep, Warits, menjelaskan, semula pihaknya merencanakan ada 1.750 TPS untuk Pilbup, dengan pertimbangan keterbatasan anggaran. Dana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilbup sebesar Rp 43 milyar.
 
 
“Tapi seiring beberapa perubahan di UU Pilkada yang baru, maka TPS untuk Pilbup diusulkan sama dengan Pilpres, yakni 2785 TPS. Berarti menambah lebih dari 1000 TPS,” katanya,  Jumat (27/02/15).
 
 
Ia memaparkan, sesuai Undang Undang tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota yang ditetapkan dalam rapat paripurna DPR RI pada 17 Februari 2015, tahapan uji publik kandidat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) dihapus, dan pilkada dipastikan berlangsung satu putaran.
 
 
“Dengan begitu kami berharap bisa memaksimalkan dana untuk menambah jumlah TPS dalam Pilbup, agar mendekati jumlah ideal kebutuhan TPS,” ujarnya.
 
 
Menurut Warits, penambahan TPS sangat diperlukan terutama di wilayah-wilayah kepulauan. “Ada yang satu desa, tapi pulaunya terpisah. Harus nyeberang dulu naik perahu. Ini kan tidak mungkin dipaksakan 1 TPS. Jadi TPS nya ya harus dipisah,” ungkapnya.
 
 
Ia menuturkan, untuk mendongkrak partisipasi pemilih, sebenarnya bukan hanya tanggung jawab KPU, namun juga beberapa pihak lain termasuk Pemkab. “Saat inilah komitmen kita untuk mendorong partisipasi pemilih, diuji. Salah satunya dengan menambah jumlah TPS berdasarkan ketersediaan dan keterjangkauan. Ini supaya tidak menghilangkan hak sosial budaya dan politik masyarakat,” tandasnya.
 
 
Masa jabatan Bupati-Wakil Bupati Sumenep, A Busyro Karim-Soengkono Sidik akan berakhir pada Oktober 2015. (tem/ted) Sumber: beritajatim.com