Beranda Berita EFISIENSI, PILKADA 2020 WAY KANAN PAKAI BILIK LAMA

EFISIENSI, PILKADA 2020 WAY KANAN PAKAI BILIK LAMA

68
0

Kpu-waykanan.go.id,Blambangan Umpu – Perhelatan Pilkada Serentak 23 September 2020 KPU Kabupaten Way Kanan akan menggunakan bilik lama yang masih layak pakai dikarenakan dalam Rencana Kebutuhan Biaya (RKB) Pilkada tidak dianggarkan pengadaan bilik suara baru.

Hal ini disampaikan Arifin, Sekretaris KPU Way Kanan di kantor KPU setempat usai mengecek kondisi bilik suara di gudang KPU kamis (7/11). Penggunaan bilik lama sebagai bagian upaya efisiensi yang dilakukan KPU dimana alokasi dana hibah Pilkada yang diterima dari Pemkab Way Kanan harus mencukupi seluruh tahapan Pilkada. Pasca ditandatanganinya NPHD tanggal 1 Oktober yang lalu, KPU Way Kanan melakukan penyesuaian RKB di banyak kegiatan, sehingga seluruh tahapan Pilkada dapat dibiayai.

Termasuk diantaranya terkait kebutuhan pengadaan kotak dan bilik suara. Untuk kotak suara harus dilakukan pembelian baru, sedangkan untuk bilik dipenuhi dari aset bilik berbahan alumunium yang dimiliki serta sisa bilik karton Pemilu 2019 yang lalu yang masih layak pakai.

Asumsi saat Pilkada 2020 diperkirakan ada 790 TPS, sehingga berdasarkan PKPU 9/2017 yang diubah dengan PKPU 14/2017 bahwa setiap TPS minimal disediakan 2 bilik paling banyak 4 bilik suara sehingga diasumsikan KPU Way Kanan memerlukan 3.160 buah bilik.