Beranda Berita KPU Way Kanan Buka Kotak Suara Guna Input Daftar Pemilih Khusus (DPK)

KPU Way Kanan Buka Kotak Suara Guna Input Daftar Pemilih Khusus (DPK)

55
0
Pembukaan Kotak Suara Oleh KPU,Bawaslu dan Polres Way Kanan

Blambangan Umpu- Dalam rangka pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan melakukan pembukaan Kotak Suara TPS yang sebelumnya telah diserahkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di gudang KPU Way Kanan setempat (Selasa,30/7/2019).

Pembukaan kotak disaksikan Anggota Bawaslu Kelik Windu, Kabag Ops Polres Way Kanan Kompol Yudi Pristiwanto, Kasat Sabhara Iptu Dewa.

Komisioner KPU Refki Dharmawan didampingi Winston, Doan Endedi, Sekretaris KPU Arifin mengatakan bahwa pembukaan kotak dalam rangka menindaklanjuti SE KPU RI nomor 942/PL.02.1-SD/I/KPU/VI/2019 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. KPU mencari daftar hadir pemilih yang menggunakan KTP (C7-DPK) di kotak Pemilu Presiden warna abu-abu maupun kotak rekap tingkat PPK.

“Sesuai regulasi, KPU kabupaten/kota harus mempersiapkan DPK untuk diinput ke dalam sidalih,” kata Darul Hafiz selaku ketua KPU Kabupaten Way Kanan yang ditemui di tempat terpisah . 

Dia menjelaskan, DPK tersebut bersumber dari formulir model A.DPK-KPU atau daftar hadir yang ada di dalam kotak suara setelah proses rekapitulasi di tingkat kecamatan yang kemudian diserahkan PPK ke KPU kabupaten setelah selesai Rekapitulasi Suara tingkat Kecamatan. Karena ada di dalam kotak, maka KPU harus membukanya dan berkoordinasi dengan Bawaslu, kepolisian, serta pihak-pihak terkait. Saat pembukaan kotak dan menandatangani berita acaranya.

Kordinator Divisi Program dan Data Winston mengatakan bahwa setelah data DPK ini diperoleh, KPU masih harus menginput data tersebut dalam Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) yang selanjutnya akan digunakan dalam Pilkada 2020, sehingga para pemilih KTP Elektronik ini nanti sudah masuk dalam DPT.

Diperkirakan pembukaan kotak dan input data membutuhkan waktu hampir sebulan. (Admin)