Beranda Berita Peringati Hari Lahir Pancasila, KPU Way Kanan laksanakan upacara

Peringati Hari Lahir Pancasila, KPU Way Kanan laksanakan upacara

22
0

KPU Kabupaten Way Kanan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni di halaman KPU setempat Sabtu (1/6).

Upacara diikuti Sekretaris, Kasubag, Staf dan tenaga pendukung KPU. Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan tindaklanjut Peraturan Presiden nomor 24 tahun 2016 dan Surat Edaran KPU Republik Indonesia nomor 9 tahun 2019 tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

Bertindak selaku Pembina Upacara Sekretaris KPU Arifin.

Dalam amanatnya Sekretaris KPU mengatakan bahwa dengan upacara hari ini, kita menegaskan kembali bahwa Pancasila yang dirumuskan 74 tahun lalu, adalah sebuah Dasar Negara dan Nilai nilai fondasi dalam penyelenggaraan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila merupakan konsensus anak bangsa, bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang memegang teguh lima prinsip dalam sila Pancasila. Oleh karenanya, kita sebagai anak bangsa, tidak boleh melupakan bagaimana Pancasila dirumuskan oleh para Pendiri bangsa.

Terlebih saat ini, pasca pesta demokrasi, bangsa Indonesia harus kembali bersatu. Merajut kembali persatuan dan kesatuan. Pemilu adalah hajat rutin 5 tahunan, sehingga tidak boleh menjadi faktor pemecahbelah bangsa. Semua elemen bangsa harus senantiasa merajut persaudaraan.

KPU juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Way Kanan yang telah berpartisipasi dalam Pemilu 17 April 2019 yang lalu. Hal tersebut merupakan wujud peran serta membangun bangsa melalui hak politik.