Beranda Berita KPU WAY KANAN GELAR RAPAT PERSIAPAN DAN PEMANTABAN PEMILU BERSAMA PEMKAB WAY...

KPU WAY KANAN GELAR RAPAT PERSIAPAN DAN PEMANTABAN PEMILU BERSAMA PEMKAB WAY KANAN

81
0

Bertempat di ruang rapatnya, Sekretaris Daerah Kabupaten H. Saipul, S.Sos.,M.IP memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Pemilihan Umum di Kabupaten Way Kanan, Kamis (11/04/2019) yang dihadiri oleh Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Drs. Marson, M.M, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Edi Suprianto, S.Pd.,M.M, Unsur Satuan Polisi Pamong Praja, Kodim 0427/Wk, Polres Way Kanan, Kejaksaan Negeri Way Kanan, Komisi Pemililhan Umum Way Kanan dan Badan Pengawas Pemilu Way Kanan.

Menyampaikan arahannya Sekda Saipul mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan siap membantu pengawalan dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Way Kanan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Selain membantu pengawalan serta membantu sarana dan prasarana yang dibutuhkan mulai dari proses awal hingga akhir, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bersama berdasarkan pengalaman dari tahun-tahun pelaksanaan pemilu sebelumnya diantaranya yaitu mengantisipasi dan meningkatkan pengamanan pada titik-titik Daerah Pilih yang dinilai berpotensi terjadi permasalahan”, ujar Sekda Saipul.

Sekda Saipul juga meminta kepada KPU Way Kanan untuk menegaskan kepada petugas Pemilu baik PPK maupun PPS untuk berkerja dengan profesional serta mentaati peraturan yang berlaku sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

“Juga fokus pada proses perhitungan suara dimana sering terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti selain petugas yang diperbolehkan masuk menerobos masuk, dan pihak-pihak yang meminta data rekapitulasi hasil suara sebelum ditandatangani”, lanjutnya yang juga meminta kepada Polres dan Pol PP untuk meningkatkan pengamanan di TPS serta Pemda juga memerintahkan BPBD untuk standby di lokasi mulai tanggal 13 April sampai dengan 17 April 2019 untuk membantu hal-hal yang diperlukan saat pendistribusian logistik.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Way Kanan Darul Hafidz dalam paparannya menyampaikan bahwa pada tanggal 12 April 2019 besok akan diselenggarakan Apel serentak di 227 Kampung pada 14 Kecamatan guna mengecek persiapan baik petugas dan sarana prasarana di lokasi.

“Pada tanggal 13 April 2019 mendatang KPU Way Kanan akan mendistribusikan logistik untuk mencapai target 100% distribusi. Dan KPU juga telah menyampaikan kepada KPPS dan PPK terkait dengan aturan siapa saja yang diperbolehkan berada dilokasi TPS serta menegaskan bahwa tidak diperbolehkan untuk menpublish hasil rekapitulasi sebelum hasil rekapitulasi Presiden, DPR RI, DPD RI, Provinsi dan Kabupaten”, ujarnya

Selanjutnya, unsur Polres Way Kanan dalam paparannya juga mengatakan bahwa Polres Way Kanan telah melakukan pengawalan mulai dari tahapan pertama hingga pada saat pelantikan sesuai dengan intruksi dari Kapolri kepada seluruh jajaran. Dan Polres Way Kanan juga menyampaikan bahwa telah memiliki prinsip 3L yang perlu disepakati bersama yaitu Lakukan Sesuatu, Lokalisasi dan Laporkan segera pada pimpinan bila terjadi sesuatu serta Polres Way Kanan juga meminta kepada seluruh pihak penyelenggara, pengawas dan pemantau untuk menyamakan persepsi yaitu Jangan Ada Hitung Ulang di Way Kanan.