Beranda Berita KPU Way Kanan Lipat Surat Suara

KPU Way Kanan Lipat Surat Suara

324
0

BLAMBANGAN UMPU, Kpu-waykanan.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan mulai melakukan pelipatan surat suara, di ruang KPU setempat, KPU menargetkan, pelipatan surat suara selesai dalam dua hari dengan pengawasan ketat aparat kepolisian Sabtu-Minggu (21-22/11)

Sejumlah pekerja terlihat tampak sibuk melipat surat suara. Untuk pelipatan ini, KPU Way Kanan mengerahkan 41 orang pekerja yang kesemua pekerjanya wanita.

Darul Hafiz, S.Ag Komisioner Divisi Logistik KPU Way Kanan mengatakan bahwa, total surat suara untuk pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Way Kanan ini sebanyak 345.571 lembar. Jumlah tersebut melebihi dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Way Kanan yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni sebanyak 337.142 pemilih tetap. Selain itu, KPU juga menyiapkan surat suara untuk mengantisipasi bila terjadi pilkada ulang sebanyak 2.000 lembar.

“Jumlah surat suara tersebut melebihi karena ditambah sebesar 2,5% dari jumlah DPT per Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebagai surat suara cadangan,” ungkap Darul

Mengenai upah pelipatan surat suara, Darul menyebutkan, setiap satu bal berisi 1.000 lembar surat suara, satu pekerja mendapat target melipat mulai 2.000 hingga 4.000 lembar surat suara (2-4 bal). “Kami memberikan upah kerja sebesar Rp 30.000,- per bal. Jadi, setiap orang bisa dapat Rp 60.000,- hingga Rp.120.000,- per hari,” papar Pokja Logistik KPU Way Kanan, seraya menambahkan, surat suara akan dihimpun dalan satu ikatan dikisaran satu ikatan berisi 25 lembar surat suara atau 50 lembar surat suara.

Pelipatan surat suara tersebut diawasi 10 personel Kepolisian Resor (Polres) Way Kanan, aparat juga ditugaskan untuk menjaga gudang logistik Pilkada tersebut selama 24 jam dalam sehari.

KPU mendapati laporan surat suara yang ditengarai rusak dari para pekerja, yakni tidak tercetaknya kolom penulisan KPPS pada surat suara, serta adanya gambar paslon di surat suara yang tercetak buram.

“Untuk surat suara yang rusak, akan kami konsultasikan ke percetakan pemenang tender pengadaan surat suara, CV. Sumber Prima yang beralamat di Kemiling Bandar Lampung agar diganti yang baru. Jumlah surat suara yang rusak tersebut berpotensi akan bertambah, sebab pelipatan akan dilakukan sampai esok hari.,” pungkasnya.