Beranda Berita DPT Way Kanan Sebanyak 337.142 Pemilih

DPT Way Kanan Sebanyak 337.142 Pemilih

760
0

BLAMBANGAN UMPU, Kpu-waykanan.go.id – Menindaklanjuti surat rekomendasi panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Way Kanan, dengan nomor 33/ PANWASLU-WK/VI/2015 perihal Rekomendasi Perbaikan DPT tentang adanya Daftar Pemilih Tetap yang ganda dan belum terdata, Komisi Pemilihan Umum Daerah Way Kanan kembali melakukan pencermatan dan perbaikan DPTB-1 mulai dari tingkat PPS hingga PPK Kecamatan.

Hasil pencermatan dan perbaikan yang dilakukan KPUD Way Kanan, kembali dituangkan melalui rapat pleno pencermatan dan perbaikan pada Kamis, (05/11) bertempat di aula KPU setempat.

Hadir dalam kegiatan tersebut LO masing-masing pasangan calon, unsur forkopimda dan PPK se kabupaten Way Kanan.

Iskardo P Panggar, SH,. MH ketua KPU Way Kanan mengatakan bahwa kebijakan tersebut diambil karena ada rekomendasi Panwaslu tentang perbaikan DPTB-1 sekaligus menindaklanjuti surat edaran KPU RI tentang kebijakan memasukan DPTB-1 ke dalam DPT dengan alasan masih ditemukannya DPT ganda, warga yang meninggal dan masih adanya warga yang belum masuk dalam DPT, terangnya.

Iskardo menjelaskan bahwa hasil perbaikan DPTB-1 ini adalah sebagai salah satu wujud dan upaya KPU untuk menjamin hak politik setiap masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk dapat turut serta dan ambil bagian mensukseskan Pilkada Way Kanan Tahun 2015.

Setelah dilakukan cek dan ricek dan perbaikan sekarang jumlah final DPT Way Kanan sebanyak 337.142 pemilih, dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 172.380 dan pemilih perempuan sebanyak 164.762, kemudian pihaknya akan mulai melakukan pencetakan surat suara tangggal 10 November.

Mantan ketua KNPI Way kanan tersebut menambahkan nantinya di setiap TPS, diluar surat suara yang telah ditetapkan dalam DPT juga akan disiapkan surat suara sebanyak 2 setengah persen,  hal ini dilakukan berdasarkan aturan untuk mengakomodir apabila nanti masih ada warga yang belum terdata dalam DPT, mereka bisa menggunakan hak pilih pada hari H, dan akan dimasukkan di DPTB2 , namun menggunakan hak pilihnya diakhir, pungkasnya (Red)