Beranda Berita KPU Way Kanan Supervisi dan Monitoring Rekrutmen KPPS di Kasui

KPU Way Kanan Supervisi dan Monitoring Rekrutmen KPPS di Kasui

264
0

12208627_1023832547637393_1827534226542766443_n

KASUI, Kpu-waykanan.go.id – Dalam rangka pemantapan penyelenggara pemilukada di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan menjelang pelaksanaan hajat demokrasi pada 9 Desember 2015 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Way Kanan melakukan monitoring dan supervisi ke kecamatan dan bertatap muka langsung dengan seluruh anggota PPK dan PPS di Kampung Jaya Tinggi kecamatan Kasui, Selasa (03/11)

Komisioner KPU Way Kanan Erwan Bustami, SH, MH dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pembentukan KPPS, sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum. Salah satunya bagaimana KPPS dipilih dari orang-orang yang qualified.

Erwan juga memberikan penjelasan mengenai catatan pelaksanaan pemilu sebelumnya dengan tujuan supaya penyelenggara pemilu mulai dari tingkat KPPS harus berhati-hati dalam menjalankan tugasnya. Ia juga berpesan kepada anggota PPS dan PPK agar jangan mau untuk di intervensi oleh pihak manapun dalam pelaksanaan Pemilukada.

Peran KPPS, saat ini menjadi isu yang sering diperbincangkan. Sebab, para anggota KPPS kerap menjadi target sasaran karena tidak independen. Selain itu, peran KPPS juga menjadi ujung tombak terdepan pelaksanaan pemungutan suara dalam pemilukada. Ujarnya

Alumni fakultas Hukum Unviersitas Bandar Lampung itu menambahkan mengenai tugas dan wewenang dari Sekretariat PPK dan Sekretariat PPS. Untuk Sekretariat PPK dan Sekretariat PPS agar mendukung penuh kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh PPK dan PPS, sekaligus mengingatkan agar segala kegiatan yang dilaksanakan harus didokumentasikan sebagai laporan pertanggungjawaban kegiatan karena dananya bersumber dari anggaran negara. (red)