Beranda Berita Sambut Pilkada Way Kanan, SMPN 1 Negeri Agung Gelar Pemilos

Sambut Pilkada Way Kanan, SMPN 1 Negeri Agung Gelar Pemilos

345
0

m mm mmm mmmm

NEGERI AGUNG, Kpu-waykanan.go.id – Semarak pesta demokrasi pemilihan kepala daerah Way Kanan pada 9 Desember mendatang nampaknya dirasakan oleh para pelajar di bumi ramik ragom, sebuah daerah yang berbatasan dengan kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan. Hal itu dapat dilihat dari beberapa sekolah yang menggelar pesta demokrasi pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS secara langsung dan terbuka, tak terkecuali pelajar di SMPN 1 Negeri Agung Way Kanan.

Sekolah yang dipimpin oleh Suharmaji, SPd, M.MPd tersebut juga menggelar pemilos periode 2015-2016 pada Senin (7/9).

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memberikan kesempatan pada seluruh siswa dalam memberikan aspirasinya secara langsung tersebut diikuti oleh 5 pasang kandidat yang berasal dari siswa kelas VII dan VIII.

Komisioner KPU Way Kanan Erwan Bustami, SH, MH yang menghadiri undangan Pemilihan Osis (Pemilos) di SMPN 1 Negeri Agung tersebut sangat mengapresiasi kegiatan Pemilos yang digelar di sekolah setempat. Ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran langsung demokrasi bagi anak secara menyeluruh.

Apalagi kalau dikemas dengan cara yang menarik seperti dibuat menyerupai kegiatan Pemilu Kepala Daerah atau yang semisalnya, ini akan membuat peserta didik betul-betul memahami bagaimana sebuah praktek demokrasi.  Ujar Alumni Fakultas Hukum Universitas Bandar Lampung itu.

Kegiatan yang melibatkan seluruh guru dan siswa-siswi disekolah tersebut juga nampak dihadiri oleh anggota PPK Negeri Agung dan penggiat MPP Kada (Masyarakat Peduli Pemilukada) Way Kanan.

Sementara itu Kepala SMPN1 Negeri Agung Suharmaji, SPd, M.MPd, mengatakan bahwa antusiasme siswa dalam Pemilihan OSIS  ini sangat tinggi, terutama siswa yang mencalonkan diri menjadi ketua dan wakil ketua OSIS. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya siswa yang menjadi calon.

Pemilihan OSIS ini sengaja diformat sesuai dengan pemilu pada umumnya. Hal ini dilakukan, untuk memberikan pendidikan demokrasi bagi siswa sejak dini.

“Sengaja kami mengadakan pemilihan OSIS ini seperti pemilu-pemilu pada umumnya. Tujuannya, memberikan pembelajaran berdemokrasi yang baik dan benar pada siswa”. Ujar Suharmaji yang juga Wakil Ketua PS-NU Pagar Nusa Way Kanan itu.

Sebelum pemilos ini, kita adakan pemilihan MPK (Majelis Perwakilan Kelas) terlebih dulu. MPK kalau di negara kita itu DPR (Dewan Perwakilan Rakyat). MPK ini yang mengadakan pemilos,” terangnya

Sementara itu Hadri Hamsyah, SH.MH aktifis MPP KADA Way Kanan mengungkapkan bahwa Proses pemilihan OSIS ini mengajarkan para pelajar menanamkan sifat demokrasi dan memberikan edukasi mengenai pesta demokrasi.

“Sehingga bila nanti mereka sudah memiliki hak pilih dalam pemilu maka diharapkan kesadaran untuk memberikan hak suaranya lebih tinggi sehingga menekan angka golput”, Ujarnya