Beranda Berita KPU Way Kanan Ingatkan Sumbangan Dana Kampanye Harus Tercatat

KPU Way Kanan Ingatkan Sumbangan Dana Kampanye Harus Tercatat

86
0

BLAMBANGAN UMPU, kpu-waykanan.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan mengingatkan kepada seluruh tim pemenangan calon bupati dan wakil bupati untuk mencatat setiap sumbangan yang diterima dari masyarakat sekecil apapun.

Darul Hafiz Komisoner KPU Way Kanan mengatakan bahwa data penyumbang dan nominal sumbangan wajib dilaporkan kepada penyelenggara Pemilu melalui dokumen laporan dana kampanye. Untuk itu, para tim pemenangan diminta segera membuat rekening dana khusus kampanye dan melaporkannya.

“Semua masyarakat yang menyumbang walaupun sekecil apapun harus dicatat oleh tim pemenangan dan dilaporkan kepada KPU, karena ini menjadi salah satu komponen penting dalam tahapan kampanye” katanya dalam acara sosialisasi tata cara pencalonan di aula KPU setempat, Kamis (23/7).

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh komisioner KPU Way Kanan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Way Kanan, Polres dan perwakilan seluruh partai politik serta penghubung pasangan calon.

Darul menambahkan untuk sumbangan dari donatur atas nama perorangan yang diberikan kepada para pasangan calon peserta pilkada bupati dan wakil bupati hanya diperbolehkan menerima sumbangan paling banyak Rp.50 juta sedangkan sumbangan atas nama kelompok atau badan swasta maksimal Rp.500 juta, hal ini sesuai dengan aturan PKPU nomor 8 tahun 2015 tentang dana kampanye peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota.

Sumbangan yang diberikan oleh donatur atas nama perorangan dan badan swasta itu sendiri harus disertai identitas yang jelas, Dana kampanye yang disumbangkan ini dapat berbentuk uang, barang atau jasa yang nantinya dikonversikan nilainya,” Pungkasnya.