Beranda Berita PPK BAHUGA GELAR BIMTEK

PPK BAHUGA GELAR BIMTEK

110
0

Blambangan Umpu, kpu-waykanan.go.id – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bahuga, Way Kanan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai PPDP bagi PPS se-Kecamatan Bahuga di aula SMPN 2 Bahuga, Rabu (8/7).

Bimtek PPDP ini menurut Ketua PPK Bahuga Taipi, SE merupakan tindaklanjut dari bimtek yang diselenggarakan KPU Way Kanan Selasa (7/7) lalu mengenai Pemutakhiran Data Pemilih.

Dirinya menjelaskan, terselenggaranya kegiatan bimtek ini bertujuan untuk mempersiapkan PPS se-Kecamatan Bahuga untuk menghadapi tahapan berikutnya.

Tahapan tersebut mengenai Pemuktahiran Data Pemilih yang telah diatur dalam PKPU Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Untuk itu selaku PPS yang akan merekrut calon PPDP pilihlah orang-orang yang baik dan mampu bertanggungjawab terhadap pekerjaan yang diberikan. Jika ternyata PPDP yang direkrut ini kurang baik maka data yang diharapkan tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Bahkan akhirnya akan mempersulit kerja PPS untuk menentukan Daftar Pemilih Tetap (DPT), ujarnya

Dalam proses pelaksanaan pemuktahiran tersebut, PPDP harus benar-benar mendata calon daftar pemilih mulai dari rumah ke rumah dengan berpedoman pada DP4 yang diberikan oleh KPU way kanan. Proses pelaksanaan ini jika tidak dilakukan secara benar-benar maka akan berdampak sistemik secara politik dan secara hukum dalam pelaksanaan pemilihan kepada daerah. Ujar pria kelahiran Mesir Ilir 3 April 1978 tersebut.

Sementara itu Camat Bahuga Musa mengatakan bahwa seluruh anggota PPK dan PPS untuk dapat bertindak netral dalam momentum hajat demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati Way Kanan 9 Desember mendatang.

“Kawan-kawan penyelenggara harus bekerja berdasarkan aturan main yang berlaku. Jangan sampai Penyelenggara tidak netral karena bisa mencederai demokrasi, bekerjalah secara profesional, independen, dan tidak berpihak kepada pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati” pungkasnya.