Beranda Berita Waykanan Diklat Prajabatan CPNS Gol II Setjen KPU

Diklat Prajabatan CPNS Gol II Setjen KPU

257
0
Diklat Prajabatan CPNS Gol II Setjen KPU

Jakarta, kpu.go.id -Pada awal  bulan  Juni  2015 yang lalu,  Sekretariat Jenderal  Komisi Pemilihan Umum  (KPU)  RI telah mengirimkan 14 orang Calon  Pegawai  Negeri  Sipil (CPNS) Golongan II sebagai peserta untuk mengikuti diklat prajabatan yang bertempat di Pusdiklat Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial di Jalan Margaguna No. 1, Radio Dalam Jakarta Selatan.  Peserta diklat bergabung dalam satu kelas dengan peserta yangberasal dari beberapa instansi lain seperti Kemensos, Lemhannas, dan Bawaslu. Jumlah seluruh peserta diklat yang diselenggarakan oleh Kemensos sebanyak 39 orang.

Diklat prajabatan yang saat ini sedang berjalan berbeda dengan diklat prajabatan tahun-tahun sebelumnya. Diklat tahun ini diselenggarakan dengan pola baru sesuai Peraturan Kepala  Lembaga  Administrasi  Negara  (Perkalan)  Nomor: 39  Tahun  2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil  Golongan I  dan II.  Pembaruan diklat  prajabatan  ditandai  dengan  menggunakan sistem klasikal (on campus) dan non klasikal (off campus).

 

Selama tahapan on campus, yang telah dilakukan dari 2–16 Juni di Pusdiklat Kemensos,peserta dibimbing oleh Coach yang merupakan Widyaiswara. Peserta diharapkan dapat menginternalisasikan  nilai-nilai dan  kode  etik  PNS dengan  menggunakan  sistem pembelajaran ANEKA, yang merupakan akronim dari Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi. Nilai-nilai yang ingin dibangun dalam diklatprajabatan adalah nilai kompetensi PNS sebagai pelayan masyarakat yang profesional.

Sedangkan  pada  tahapan  off  campus yang  saat  ini  sedang  berlangsung,  peserta dibimbing oleh Atasan Langsung yang berperan sebagai  Mentor.  Peserta  diharapkan mampu mengaktualisasikan nilai-nilai  dan kode etik PNS yang telah dipelajari selama campus tersebut, melalui kegiatan dan tugas sehari-hari di tempat tugas atau tempat magang  (bagi  peserta  yang tempat  tugasnya  jauh  dari tempat  diklat).   Tahapan  off campus berlangsung dari 17 Juni s.d. 1 Juli 2015 dan pada tanggal 2 Juli peserta harus kembali melapor ke Pusdiklat Kemensos untuk kemudian mengikuti seminar evaluasi pada  tanggal  3  Juli  2015  di  Pusdiklat  Kemensos.  Pada  seminar  evaluasi  tersebut,peserta mempresentasikan hasil aktualisasi di hadapan  Coach dan Mentor.  (sriyanthi pasaribu/red. FOTO KPU/sriyanti pasaribu)